Home » » Membangun Blog Sebagai Media Online

Membangun Blog Sebagai Media Online


Blog adalah sebuah media online yang terbuka untuk siapa saja. Blog dapat diakses oleh pengguna internet dari IP address mana pun dengan catatan pihak pengelola blog (Admin) tidak melakukan pembatasan audience. Logikanya media diciptakan adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung, karena bertujuan untuk mendistribusikan apa yang dimuat dalam media tersebut.

Bahkan, demi mendapatkan pengunjung sesuai target yang diemban sang pemilik rela merogoh uang yang sangat banyak guna membangun popularitas media online yang dikelolahnya. Membangun popularitas blog tidak harus mengeluarkan uang demi mengejar target menggait banyak visitor. Masih banyak metode membangun trafik yang bisa dikembangkan secara bertahap dan dengan keseriusan. Trafik yang dibangun dengan cara/strategi tanpa bermodalkan biaya juga mampu membuahkan hasil yang cukup fantastis, hanya saja ia membutuhkan kecintaan, pengorbanan waktu, kesabaran serta naluri analisa yang baik.

Sebuah media dibangun tidak lain adalah untuk mendatangkan trafik sebanyak mungkin, termasuk media blog. Media televisi mematok target untuk mendapatkan banyak pemirsa. Media cetak menyusun strategi sedemikian rupa untuk bisa mendapatkan banyak pembaca, dan media online termasuk blog menerapkan berbagai macam strategi demi meraih target trafik yang menjadi ekspektasi pengelolahnya (Admin). Trafik adalah masa depan penentu kelangsungan blog bersangkutan. Blog yang berhasil tidak dinilai dari sisi desain, tetapi kuncinya terletak pada total perolehan trafik. Desain yang menawan menjadi sia-sia belaka apabila blog tersebut gagal mendapatkan kunjungan. Membuat artikel yang berguna dan bermanfaat adalah bagian dari tanggung jawab seorang blogger, akan tetapi kita (blogger) juga harus bisa membuka pintu bagi para visitor untuk bisa menemukan blog yang telah kita perkaya dengan berbagai macam konten informasi dan artikel.

Trafik blog dibangun setahap demi tahap. Mendapatkan trafik tinggi tidak bisa direalisasikan sekelip mata. Emplementasi berbagai macam metode, cara dan strategi secara bertahap kita terapkan. Penggunaan teknik SEO, menulis artikel secara continue untuk bahan update blog posting, membangun backlink berkualitas, dan kegiatan-kegiatan development lainnya. Beginilah cara membangun blog yang sebenarnya. Agar apa yang kita kerjakan dapat berbuah hasil maksimal, maka sebisa mungkin kita harus bisa menghindari beragam bentuk kesalahan selama proses development, seperti menggunakan teknik SEO yang salah, menulis artikel asal-asalan, membangun backlink dengan cara yang salah dan seterusnya. Tips trik blogging akan berbuah hasil maksimal apabila anda menuangkannya secara benar dan tidak menyimpang. Ingat! Search Engine merupakan sumber trafik paling tinggi, jadi jangan pernah menyalahi TOS yang ada, termasuk menggunakan SEO blackhat.

Apa saja kunci dasar membangun dan mengembangkan blog secara tepat?

Buatlah blog berdasarkan rasa kecintaan
Apapun yang anda kerjakan tidak akan pernah berbuah hasil maksimal jika anda kurang sehati dengannya. Jadi, tidak perlu menciptkan blog jika anda kurang yakin untuk bersedia mengurusnya. Blog itu perlu dibangun dan dikembangkan apabila anda menginginkan trafik, dan untuk mewujudkan keinginan tersebut anda membutuhkan keseriusan dan kesabaran.

Pilihlah tema sesuai minat dan keahlian anda
Pertama yang harus anda jadikan modal untuk menentukan tema blog yakni berdasarkan minat, dan yang kedua menyesuaikan dengan keahlian anda. Jika anda memilih niche berdasarkan minat anda, maka anda akan semakin terdorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mendatangkan dampak baik terhadap blog yang anda manage, seperti rajin membuat artikel, dsb.

Belajar cara optimasi blog yang benar
Diawal membuat blog ini adalah fase yang cukup membuat anda jenuh dan akan menyita banyak waktu. Setelah sukses mengorbitkan blog, langkah selanjutnya adalah melakukakan optimasi agar blog yang sudah anda isi dengan berbagai macam artikel dapat menghasilkan trafik. Fase optimasi dimulai dari penerapan strategi SEO, menanam backlink dan seterusnya. Belajarlah apa yang perlu anda pelajari, dan jangan malas untuk mencari tahu apa yang belum anda ketahui, karena dari sinilah nantinya anda akan mampu menyulap blog anda menjadi sebuah blog yang teroptimasi.

Konsistensi dan kesabaran
Apapun yang sudah anda kerjakan jika anda tidak memiliki konsistensi yang baik ia menjadi percuma. Blog adalah sebuah media berjangka panjang yang menuntut pembaharuan/update setiap saat. Kumpulan artikel dan berbagai macam upaya optimasi yang telah anda lakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia jika selanjutnya anda mentelantarkannya. Rawatlah blog anda dengan baik, dan lakukan update seperlunya. Konsistensi terkadang menjadi bagian yang sangat sulit, namun ia adalah kunci untuk mengejar target anda. Kesabaran yang telah anda tuangkan selama masa-masa promosi/optimasi menjadi tidak berarti apabila anda kehilangan konsistensi.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Klik Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger